Konsep Dasar Jaringan Komputer

15 Oct

Kali ini saya mengutip sebuah artikel dari situsinformasiinternet.com tentang seputar jaringan komputer dengan harapan bisa membantu teman-teman yang sedang kuliah khususnya mata kuliah jaringan komputer, atau mungkin ada yang ingin membuka usaha Warnet? otomatis harus menerapkan prinsip-prinsip dari komputer jaringan yang terintegrasi antara server dengan user (client). Berikut ini saya coba untuk sharing ilmu tersebut :

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Definisi Jaringan Komputer adalah prosedur beserta berbagai metode teknis untuk saling menghubungkan berbagai alat dan sumber daya komputer yang ada (interkoneksi), sehingga dapat saling bertukar data atau bertukar informasi, dengan menggunakan sumber daya dalam jaringan yang ada secara bersama-sama.

Mengapa Harus Jaringan ?

  • Sumber daya lebih efisien
  • Mempertahankan informasi tetap handal dan terbaru
  • Mempercepat Sharing data
  • Memungkinkan Kelompok kerja berkomunikasi efisien
  • Membantu melayani klien lebih efektif

Tujuan dari Jaringan Komputer :

  • Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk.
  • Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting.
  • Akses informasi: contohnya web browsing.

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Sekarang bandingkan dengan Stand Alone yaitu komputer/PC yang berdiri sendiri tanpa terkoneksi dengan komputer lainnya, contohnya seperti yang anda gunakan di rumah. Kelemahan PC Stand Alone yang jelas data yang diakses hanya untuk satu komputer saja tidak bisa diakses oleh banyak komputer. Masalah yang terjadi misalnya anda punya komputer lebih dari 3 unit tetapi hanya punya satu printer sehingga tidak bisa mencetak dokumen dalam waktu bersamaan dari komputer berbeda. Tetapi jika dengan jaringan cukup satu printer untuk banyak komputer (lihat gambar).

One Response to “Konsep Dasar Jaringan Komputer”

  1. irfan July 6, 2010 at 6:57 pm #

    Bos.. itu yang ditengah hub ya… kok printernya di conect ke hub emang bisa… bukannya ke server.. mohon pencerahannya.

Leave a comment